nrinspirasi.my.id

Pengembangan instrumen keterampilan belajar mahasiswa

Keterampilan
belajar merupakan suatu keahlian yang diperlukan untuk dapat sukses dalam bidang
belajar dan karir. Rendahnya keterampilan belajar akan berdampak buruk terhadap
proses belajar dan hasil belajar peserta didik serta berlanjut dampak buruknya
terhadap karir peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan
instrumen penelitian yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk
mengidentifikasi keterampilan belajar mahasiswa sehingga dapat dijadikan dasar
dalam mengambil suatu kebijakan atau membuat program peningkatan keterampilan
belajar mahasiswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Research
& Development (R&D). Analisis data menggunakan aplikasi RASCH Model.
Hasil penelitian telah menghasilkan suatu produk instrumen keterampilan belajar
yang valid dan reliabel. Instrumen ini diharapkan dapat menjadi alternatif
instrumen untuk menghimpun data peserta didik terkait keterampilan belajar oleh
praktisi pendidikan terutama bagi guru BK atau konselor. Full Article

Citation: Syahputra,
Y., Ardimen, A., Tanjung, R. F., Erwinda, L., Wulan, A. N., Fadhila, C., &
Zulfikar, F. (2022). Pengembangan instrumen keterampilan belajar mahasiswa. Cenderawasih
Journal of  Counseling and Education
,
1(2), 55–65. https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2631

Scroll to Top